Kereta api adalah kendaraan umum yang ada sejak masuknya penjajah Belanda. Hingga saat ini kereta api masih menjadi salah satu alternatif kendaraan umum jarak jauh yang menjadi primadona dan banyak diminati masyarakat. Kereta api berjalan di atas jalur khusus disebut rel yang dijamin bebas kemacetan dan sangat nyaman.

Cara pesan tiket kereta api

Biaya kereta api relatif terjangkau dibanding dengan kendaraan umum lainnya. tidak heran jika kebanyakan orang lebih suka mengandalkan kereta api untuk bepergian dekat dan jauh sekalipun. Apalagi pada hari-hari libur khususnya hari lebaran. Tiket kereta api harus dipesan dari jauh-jauh hari. Namun, saat ini semakin berkembangnya zaman dan teknologi pemesanan tiket kereta api pun dapat dilakukan secara offline dengan datang langsung ke stasiun dan sistem online dari gadget.

Tips mendapatkan tiket kereta api via online

Dalam memesan tiket kereta online perlu diperhatikan juga hal-hal yang akan memudahkan untuk mendapatkan tiket. Berikut adalah ulasan tentang tips beli tiket kereta online antara lain:

1. Pilih situs penjualan tiket kereta api yang tepat

Di dunia maya atau internet banyak sekali tersedia situs online yang menjual tiket kereta api. Oleh karena itu pilihlah situs kereta api yang tepat dan telah secara resmi bekerja sama dengan PT KAI. Situs online yang banyak digunakan masyarakat atau terkenal juga bisa menjadi salah satu pertimbangannya. Dan pastikan bahwa harga tiket yang tertera adalah harga yang harus Anda bayarkan. Selain situs PT KAI, salah satu situs pemesanan tiket kereta api terbaik adalah Misteraladin. Misteraladin dapat melayani pembelian tiket kereta online dan kendaraan umum lainnya.

2. Pesan tiket kereta api dapat dimulai sejak H-90

Hal ini yang belum banyak diketahui banyak orang. PT KAI sudah menjual tiket kereta api sejak H-90 pada hari keberangkatan yang diinginkan. Selain oleh situs resmi PT KAI, tiket H-90 juga tersedia berbagai macam situs jaringan yang bekerja sama dengan PT KAI secara resmi. Dengan waktu tiga bulan yang disediakan PT KAI tentu diharapkan pelanggan dapat memesannya dari jauh hari sehingga akan lebih tenang.

3. Tentukan metode pembayaran yang dianggap mudah

Dalam sistem online penjualan tiket kereta api, Anda diharuskan untuk membayar tagihannya melalui metode pembayaran yang tersedia. Metode pembayaran tiket kereta api online biasanya memiliki  banyak pilihan antara lain transfer, kartu kredit, debit, e-banking, mobile banking, atau merchant yang sudah bekerja sama dengan resmi misalnya supermarket indomaret atau alfamart, dan ada juga yang menyediakan top up atau dompet online pribadi. Dari sekian banyaknya cara atau metode pembayaran online tiket kereta api, pilihlah metode Anda anggap paling mudah untuk dilakukan. Dengan demikian, Anda dapat segera melakukan pembayaran dan tiket kereta api akan didapat dengan cepat tanpa adanya masalah atau gangguan.

4. Pastikan koneksi internet stabil

Karena sistem yang digunakan adalah online, maka hal yang sangat diperhatikan adalah koneksi internet yang mendukung dan stabil. Dengan koneksi yang stabil akan menjamin proses pemesanan tiket yang Anda lakukan berjalan dengan lancar, cepat, dan aman. Dalam sistem online pelanggan tentu akan bersaing mendapatkan tiket dan beradu cepat untuk tiket kereta api karena akan ada banyak bahkan ratusan pelanggan yang sama dalam posisi online dan menginginkan tiket yang sama. Ditambah lagi pelanggan harus mengisi data pribadi dengan benar dan lengkap. Jika koneksi internet yang digunakan tidak stabil seperti putus nyambung, jaringan lambat, bahkan koneksi terputus kemungkinan Anda akan gagal melakukan pesan tiket kereta api online dan menjadi tiket milik orang lain.

Cara refund tiket kereta api

Ketika Anda sudah merencanakan untuk melakukan perjalanan dengan kereta dan telah mendapatkan tiket kereta api, namun tiba-tiba saja rencana itu batal maka tiket Anda akan sia- sia dan tidak berguna. Eits itu salah!. Tiket kereta api yang sudah dibeli via offline atau online dapat dikembalikan atau refund. Berikut akan dijelaskan cara refund tiket kereta api antara lain:

1. Refund tiket kereta api di Loket stasiun kereta api

Untuk melakukan refund tiket kereta api di loket stasiun, Anda harus menyiapkan tiket kereta api yang dibeli atau nomor bookingnya saja, dan kartu identitas diri yang digunakan saat membeli tiket seperti KTP, SIM, atau Paspor. Di meja loket Anda akan diminta untuk mengisi formulir refund atau formulir pembatalan tiket yang harus diisi dengan teliti, benar, dan lengkap. Dengan demikian permohonan refund tiket akan diproses dan Anda akan mendapat ganti dari tiket yang sudah Anda beli.

2. Refund tiket kereta api melalui aplikasi

Jika Anda melakukan pembelian tiket kereta api melalui aplikasi, Anda juga bisa melakukan refund. Caranya adalah dengan mengklik fitur refund yang ada pada menu pesanan Anda. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang tersedia dengan demikian refund tiket Anda akan sukses dan uang akan diganti atau kembali.

3. Refund tiket kereta api di merchant yang ditentukan

Jika Anda melakukan pemesanan tiket kereta dan melakukan pembayaran di merchant seperti indomaret, alfamart, dan merchant lainnya Anda juga bisa melakukan refund. Anda hanya perlu mendatangi merchant dan pergi ke kasir untuk melakukan refund. Anda akan diminta untuk menyerahkan struk atau bukti pembelian tiket di merchant yang sebelumnya Anda dapatkan, dan kasir akan langsung memproses permintaan refund dan proses refund pun berhasil dan selesai. Uang Anda juga akan dikembalikan sesuai dengan peraturan yang berlaku untuk refund tiket kereta.

Peraturan yang harus Anda perhatikan dalam melakukan refund

Setelah mengetahui langkah-langkah melakukan refund tiket kereta api. Terdapat pula aturan refund tiket kereta api yang harus Anda perhatikan dan pahami. Berikut penjelasannya:

  1. Refund dilakukan paling lambat tiga puluh menit sebelum waktu keberangkatan kereta api. Selain dari waktu yang telah ditentukan tersebut, refund dengan alasan apapun tidak akan dilayani dan diproses oleh pihak PT KAI.
  2. Refund diajukan langsung oleh nama yang tertera pada tiket kereta api. Anda harus menunjukkan identitas diri asli dan menyerahkan foto copy identitas diri yang sama saat digunakan membeli tiket seperti KTP, SIM, atau paspor.
  3. Jika tidak memunginkan untuk hadir, proses refund dapat dilakukan dengan orang lain sebagai perwakilan. Orang yang mewakili harus mempunyai surat kuasa bermaterai dari nama yang bersangkutan sebagai pemilik tiket. Apabila tiket yang dibatalkan lebih dari satu orang, Anda hanya perlu menunjukkan kode booking tiket kereta dan identitas diri dari salah satu nama yang tertera dalam tiket.
  4. Anda harus mengisi formulir pembatalan tiket atau refund yang akan divalidasi oleh petugas KAI.
  5. Uang refund akan Anda terima setelah hari ke-30 sejak refund dilakukan.
  6. Pembatalan tiket atau refund akan dikenakan tarif dasar tiket dengan biaya dua puluh lima persen.
  7. Apabila tiket yang Anda beli adalah promo tiket kereta api, maka tiket tersebut tidak bisa dibatalkan atau refund. Adapun jika batal melakukan perjalanan, maka tiket akan hangus.