Tempat Wisata Cirebon yang Wajib Masuk Daftar Liburanmu

  • 2 min read
  • Feb 14, 2020
Waterland Ade Irma Suryani

Tempat wisata di Cirebon memiliki daya tarik tersendiri karena identik dengan sejarah dan nuansa religi. Banyak orang datang ke Cirebon untuk berziarah ke makam tokoh agama dari masa lampau. Namun, saat ini pemerintah setempat juga telah mengembangkan industri pariwisata di sana sehingga tujuan wisata lebih bervariasi.

Dengan potensi wisata yang dimiliki Cirebon, banyak tempat menarik yang layak masuk dalam daftar kunjungan kamu. Bukan hanya wisata religi, tetapi juga wisata alam hingga wisata edukasi untuk menambah pengetahuan. Di bawah ini adalah beberapa destinasi wisata yang banyak dikunjungi masyarakat Cirebon dan sekitarnya.

1. Waterland Ade Irma Suryani

Tempat wisata Cirebon yang pertama adalah taman bermain air letaknya berada Lemahwungkuk, Cirebon. Tempat ini memiliki berbagai wahana seru, sekaligus menawarkan keindahan pemandangan laut tak jauh dari Cirebon Waterland. Tempat ini cocok untuk dikunjungi bersama anak-anak karena ada banyak fasilitas di dalamnya.

Kamu bisa menikmati semua wahana di dalamnya dengan biaya masuk Rp50.000 di hari biasa dan Rp65.000 di akhir pekan. Adanya taman bermain khusus anak dan beberapa restoran di dalamnya juga semakin menambah daya tarik wisatawan.

2. Taman Sari Goa Sunyaragi

Dulu, berkunjung ke situs cagar alam mungkin akan menjadi sebuah perjalanan yang membosankan. Namun sejak era media sosial, masyarakat berbondong-bondong datang ke Taman Sari Goa Sunyaragi di Kesambi, Cirebon. Tujuan wisatawan datang ke sana biasanya untuk menikmati keindahan tempatnya yang cukup instagenic.

Apalagi, bagi pengunjung yang masih single yang datang ke tempat ini, konon bisa segera mendapatkan jodoh. Jadi jika sedang berada di Cirebon, cobalah kunjungi taman yang berdiri di atas lahan seluas 15 hektar ini. Terutama bagi kamu yang suka fotografi atau mungkin karena masih single.

3. Bukit Gronggong

Bukit Gronggong bukan lagi sekadar bukit biasa, melainkan telah menjadi tempat wisata favorit anak muda. Pengelola berhasil memanfaatkan keindahan alam di sekitar bukit untuk menciptakan tempat yang nyaman untuk semua orang. Bahkan di malam hari, bukit ini masih banyak dikunjungi karena pemandangannya yang eksotis.

Kamu bisa datang ke restoran, memesan makanan dan secangkir teh, lalu menikmatinya sambil memandangi alam. Kamu hanya perlu membayar biaya parkir sepeda motor sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk mobil. Bukit Gronggong bisa jadi opsi wisata murah di akhir pekan kamu.

4. Makam Sunan Gunung Jati

Apabila ingin melakukan wisata religi di Cirebon, datanglah Makam Sunan Gunung Jati. Sewa bus adalah pilihan transportasi terbaik untuk mencapai lokasi wisata religi Cirebon terutama jika datang bersama rombongan.

Di dalam kompleks Makam Sunan Gunung Jati, terdapat sekitar 500 makam. Daya tariknya adalah adanya sembilan pintu yang bisa dimasuki oleh para peziarah. Namun pengunjung biasa hanya diperbolehkan masuk sampai dengan pintu nomor lima, kecuali berasal dari keluarga keturunan Sunan Gunung Jati.

5. Pantai Kejawanan

Di Kecamatan Lemahwungkuk, kamu juga bisa mengunjungi Pantai Kejawanan. Harga tiket masuk tempat wisata di Cirebon ini sangat murah, yaitu hanya Rp5.000 per orang. Fasilitasnya mencakup area pantai, penyewaan perahu dan beberapa titik untuk memancing.

Bagi masyarakat Cirebon, pantai ini dikenal dengan mitos dan misterinya. Namun justru itulah yang membuat wisatawan berbondong-bondong datang ke Pantai Kejawanan. Terlepas dari itu, pemandangan matahari terbenam di sini memang memberikan pengalaman tak terlupakan bagi semua pengunjung.

Selain lima rekomendasi tempat wisata Cirebon di atas, sebenarnya kota ini masih menyimpan banyak keseruan lainnya. Kamu bisa membeli paket wisata Cirebon atau sewa mobil online untuk lebih menghemat waktu dan biaya liburan. Bagikan artikel ini ke teman-temanmu supaya semakin banyak orang yang berwisata ke Cirebon.