Asuransi jiwa merupakan perlindungan yang diberikan kepada tertanggung selama 100 tahun. Asuransi jiwa akan menjadi antisipasi untuk keluarga jika ditinggalkan, maka keluarga akan mendapatkan uang pertanggungan untuk dapat mendukung finansial dan melanjutkan hidup, manfaat ini akan diterima oleh ahli waris yang telah disetujui dalam polis oleh tertanggung. Asuransi jiwa dapat menentramkan pikiran karena jika ada kematian maka keluarga sudah ada yang membantu dari segi keuangan, menjamin pendidikan anak karena biaya ini dapat dimasukkan dalam rencana keuangan asuransi dan menjadi salah satu cara menabung untuk antisipasi yang buruk. Asuransi jiwa yang ditawarkan oleh asuransi Allianz yaitu Smartlink Flexi Account Plus, Smartlink New Flexi Account dan Smartlink Maxi Fundi Plus yang memiliki cara klaim asuransi Allianz masing-masing.

Asuransi jiwa memiliki jenis sesuai dengan masa perlindungan yaitu asuransi jiwa berjangka dan seumur hidup. Asuransi jiwa berjangka yang diberikan secara jangka 5 tahun, 10 tahun maupun 20 tahun. Asuransi ini dapat jatuh tempo dan jika memasuki jatuh tempo maka tertanggung perlu melakukan perpanjangan polis dan premi yang dibayar akan memberikan proteksi dengan biaya terjangkau. Asuransi seumur hidup hingga usia 99 tahun atau perlindungan seumur hidup selama polis masih aktif dan premi akan tetap dengan manfaat kematian berupa uang pertanggungan dengan memberikan nilai tunai.

Berikut adalah jenis asuransi berdasarkan nilai tunai diantaranya:

  • Tanpa nilai tunai, asuransi yang menyediakan manfaat uang pertanggungan ketika tertanggung meninggal dunia.
  • Asuransi murni yang menyediakan uang pertanggungan tetapi tidak dengan nilai tunai karena memberikan perlindungan jiwa yang terjangkau dan biasanya berada dalam asuransi jiwa berjangka, jenis asuransi ini cocok untuk para tertanggung yang baru bekerja sehingga akan memberikan perlindungan dengan biaya murah.
  • Dengan nilai tunai, asuransi penyedia uang pertanggungan sekaligus nilai dengan 3 pilihan yakni whole life assurance yang menyediakan nilai tunai dan uang pertanggungan dengan premi lebih tinggi, asuransi dwiguna yang berjangka dan menawarkan fungsi proteksi jiwa serta nilai tunai sebagai prioritas dan digunakan untuk dana pensiun, dana pendidikan dan lainnya, dan asuransi jiwa sekaligus investasi dengan nilai tunai yang mengikuti perkembangan pasar modal.

Terdapat juga jenis asuransi berdasarkan permohonan polis yaitu asuransi jiwa individu dan kumpulan. Asuransi individu merupakan asuransi yang diberikan oleh perusahaan untuk nasabah dengan cakupan lebih luas sehingga memberikan penawaran premi yang lebih besar dan membuat nasabah dapat memiliki cakupan maupun batas waktu perlindungan asuransi. Asuransi jiwa kumpulan yang diterbitkan untuk anggota badan maupun karyawan perusahaan dengan pemberian solusi terhadap komunitas.

Berikut adalah ketentuan dalam polis asuransi jiwa diantaranya:

  • Perlu mempelajari polis dengan waktu 14 hari setelah menerbitkan polis, tertanggung harus memahami manfaat yang akan diterima disesuaikan dengan kebutuhan sebelum melanjutkan.
  • Melakukan pengecekan data polis secara finansial maupun non finansial untuk memastikan seluruh data dalam keadaan akurat dan benar.

Selain itu, perlu melakukan pengecekan terhadap manfaat asuransi seperti uang pertanggungan akan dibayar 100 persen, jangka masa pertanggungan, manfaat jika mengambil asuransi tambahan, laporan meninggal, dan manfaat diterima jika memiliki dokumen yang disyaratkan. Tertanggung juga perlu memperhatikan premi yang dibayar sesuai jenis asuransi, usia dan jenis kelamin serta gaya hidup. Sebaiknya ketika membeli asuransi jiwa maka perhatikan cara klaim asuransi Allianz supaya memahami setiap persyaratan yang dibutuhkan.