Bagi yang sudah tahu mungkin memang sudah tidak asing lagi dengan dokter yang menangani masalah penyakit dalam gastroenterologi. Dokter spesialis penyakit dalam gastroenterologi hepatologi merupakan dokter yang secara khusus memiliki keahlian dalam mengobati masalah dari berbagai penyakit yang ada hubungannya dengan pencernaan. Biasanya akan meliputi gangguan yang terjadi pada usus, lambung, hati, pankreas dan empedu.

Pada umumnya dokter ini akan menangani masalah yang ada kaitannya dengan masalah yang terjadi pada proses pencernaan makanan, pengeluaran sisa pencernaan dari dalam tubuh sampai dengan penyerapan nutrisi yang terjadi pada tubuh manusia. Biasanya untuk menjadi dokter spesialis yang ahli dalam gastroenterologi, biasanya berawal dari dokter umum yang harus menjalani beberapa pendidikan untuk menjadi dokter spesialis yang ahli dalam menangani masalah penyakit dalam dan mendalami beberapa bidang kesehatan yang ada kaitannya dengan sistem pencernaan.

Berikut ini adalah beberapa penyakit yang bisa ditangani oleh dokter yang ahli dalam bidang gastroenterologi:

  • Penyakit Tukak Lambung

Penyakit ini disebabkan adanya luka yang muncul pada dinding lambung sebagai akibat dari adanya pengikisan lapisan pada dinding lambung. Gejala ini biasanya akan ditandai dengan masalah nyeri yang hebat dan terjadi pada lambung hingga terasa pada area ulu hati.

  • Penyakit Asam Lambung

Penyakit ini disebabkan oleh naiknya gas yang ada pada lambung dan sampai di kerongkongan. Hal ini kemudian menyebabkan adanya rasa nyeri yang nyeri pada ulu hati atau bisa juga adanya rasa sensasi terbakar di dada.

  • Penyakit radang pankreas

Dalam keadaan ini pankreas mengalami peradangan yang terjadi karena pengaruh yang disebabkan oleh adanya gangguan enzim yang biasanya terdapat pada saluran pencernaan manusia.

  • Hepatitis

Penyakit ini disebabkan oleh adanya peradangan yang terjadi pada hati atau liver yang lama kelamaan organ tersebut akan mengalami kerusakan. Penyakit ini sering ditandai dengan tubuh yang menguning serta dapat juga disertai dengan demam, mual serta rasa penuh (begah) yang ada di sekitar perut.

  • Tumor atau kanker pada saluran pencernaan

Dokter yang menangani masalah penyakit dalam juga menangani berbagai masalah penyakit seperti tumor serta kanker yang terjadi pada beberapa organ pencernaan. Contohnya yaitu anus, usus besar, lambung serta kandung kemih.

Ada beberapa kondisi yang mengharuskan Anda untuk datang dan konsultasi dengan dokter gastroenterologi. Yaitu apabila Anda sering mengalami sakit perut menyeluruh yang dan sampai ke ulu hati. Selain itu juga saat Anda mengalami sakit magh yang tidak kunjung sembuh dan membaik, muntah darah atau bisa juga buang air yang disertai dengan darah tanpa adanya sebab yang pasti, dan sulit untuk menelan makanan tanpa adanya alasan yang jelas.

Biasanya dokter gastrenterologi akan melakukan pemeriksaan dan bisa juga akan menanyakan beberapa hal tentang riwayat kesehatan pasien dan gaya hidup mereka sehari-hari. Hal ini akan membantu dokter untuk mendapatkan diagnosis yang dialami. Dengan melakukan hal tersebut akan mempermudah dokter untuk memberikan obat serta prosedur lain yang perlu ditangani.

Apabila Anda sudah mengalami gejala tersebut di atas, segera periksa dan kunjungi dokter spesialis penyakit dalam gastroenterologi hepatologi . Hal ini bertujuan sebagai tindakan pencegahan supaya penyakit yang Anda derita tersebut tidak semakin parah dan Anda akan mendapatkan pelayanan kesehatan yang tepat serta obat-obat yang Anda butuhkan untuk kesehatan tubuh Anda. Semakin cepat Anda mendapatkan pertolongan maka akan semakin besar mengurangi potensi kerusakan organ yang ada dalam tubuh Anda.