Infeksi jamur sering terjadi di sebagian besar dunia alami. Pada manusia, infeksi jamur terjadi ketika jamur yang menyerang mengambil alih area tubuh dan terlalu banyak untuk ditangani oleh sistem kekebalan tubuh. Jamur dapat hidup di udara, tanah, air, dan tanaman. Ada juga beberapa jamur yang hidup secara alami di tubuh manusia. Seperti banyak mikroba, ada jamur yang membantu dan jamur berbahaya. Ketika jamur berbahaya menyerang tubuh, mereka bisa sulit dibunuh, karena mereka dapat bertahan hidup di lingkungan dan menginfeksi kembali orang yang berusaha menjadi lebih baik.

Gejala-gejala infeksi jamur akan tergantung pada jenisnya, tetapi gejala-gejala umum termasuk yang berikut:

  • perubahan kulit, termasuk kulit merah dan mungkin pecah atau mengelupas
  • gatal
  • Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang beberapa jenis umum infeksi jamur, gejalanya, dan pilihan pengobatannya.

Jenis Kondisi berikut adalah semua jenis infeksi jamur yang umum.

Kaki atlet

Tinea pedis atau kaki atlet adalah infeksi jamur umum yang menyerang kaki. Kaki atlet umumnya dikaitkan dengan olahraga dan atlet karena jamur tumbuh sempurna di lingkungan yang hangat dan lembab, seperti kaus kaki dan sepatu, peralatan olahraga, dan ruang ganti.Pada kenyataannya, siapa pun bisa terkena kaki atlet. Ini paling umum di daerah beriklim hangat dan musim panas, di mana ia dapat berkembang biak dengan cepat.

Gejala kaki atlet

Kaki atlet adalah infeksi umum di mana jamur tumbuh di lingkungan yang hangat dan lembab. Gejala kaki atlet mungkin sedikit berbeda dari orang ke orang. Gejala klasik meliputi:

  • kemerahan atau lepuh di daerah yang terkena
  • kulit yang terinfeksi mungkin lunak, atau lapisan mungkin mulai rusak
  • kulit mengelupas atau pecah-pecah
  • kulit bisa mengelupas dan mengelupas
  • sensasi gatal, menyengat, atau terbakar di daerah yang terinfeksi

Tidak semua kaki yang gatal adalah hasil dari kaki atlet. Dokter biasanya mendiagnosis infeksi tersebut dengan mengikis kulit scaling dari seseorang dan memeriksanya di bawah mikroskop untuk bukti adanya jamur. Ada beberapa jamur berbeda yang dapat menyebabkan kaki atlet. Infeksi dapat berperilaku berbeda tergantung pada jamur spesifik yang menginfeksi kulit.

Kaki atlet sering diobati dengan salep antijamur topikal, yang tersedia untuk dibeli di pasaran atau daring. Infeksi yang parah dapat memerlukan obat oral tambahan juga. Kaki juga perlu dirawat dan dijaga tetap kering untuk membantu membunuh jamur. Metode pencegahan termasuk membiarkan kaki banyak udara untuk bernapas dan menjaganya tetap bersih dan kering. Sebaiknya kenakan sandal di kamar mandi umum atau ruang ganti.

Infeksi ragi

Infeksi ragi vagina adalah bentuk umum dari pertumbuhan berlebihan Candida pada wanita, biasanya disebabkan oleh Candida albicans.

Pertumbuhan berlebih Candida mengganggu keseimbangan normal bakteri dan ragi di vagina. Ketidakseimbangan bakteri ini mungkin disebabkan oleh antibiotik, stres, dan ketidakseimbangan hormon, atau kebiasaan makan yang buruk.Infeksi Candida juga dapat secara umum menyebabkan infeksi kuku kaki dan ruam popok.

Gejala jamur kuku

Infeksi jamur biasanya dapat menyebabkan infeksi kuku jari kaki.Gejala infeksi ragi meliputi:

  • gatal dan bengkak di sekitar vagina
  • sensasi terbakar atau sakit saat buang air kecil atau hubungan seksual
  • kemerahan dan pegal di sekitar vagina
  • keputihan yang tidak biasa, seperti rumpun kelabu yang menyerupai keju cottage atau cairan yang sangat encer

Ruam dapat berkembang dari waktu ke waktu dalam beberapa kasus. Infeksi ragi harus diobati dengan cepat, karena gejalanya mungkin menjadi parah jika tidak diobati.

Diagnosis, pengobatan, dan pencegahan

Gejala klasik infeksi ragi membuatnya mudah didiagnosis. Dokter mungkin bertanya tentang riwayat medis orang tersebut, seperti infeksi ragi sebelumnya atau infeksi menular seksual (IMS). Mereka mungkin juga bertanya apakah orang tersebut baru saja minum antibiotik.Dokter kemudian akan memeriksa tanda-tanda infeksi pada dinding vagina dan leher rahim, mengambil sel-sel dari vagina jika perlu untuk diagnosis yang tepat.

Pengobatan infeksi jamur tergantung pada tingkat keparahannya. Perawatan standar termasuk krim, tablet, atau supositoria, yang tersedia melalui resep, atau dijual bebas atau online. Infeksi yang rumit mungkin memerlukan perawatan yang kompleks.

sumber :

https://www.medicalnewstoday.com

https://www.cdc.gov

sumber gambar

https://www.alodokter.com