Alat bantu dengar bermanfaat dalam meningkatkan pemahaman pendengaran orang yang mengalami gangguan pendengaran karena kerusakan sel-sel sensorik kecil di telinga bagian dalam, yang disebut sel rambut. Jenis gangguan pendengaran ini disebut gangguan pendengaran sensorineural. Cara kerja alat bantu dengar dapat membantu memperbesar getaran suara yang masuk ke telinga.

Lalu bagaimana tips untuk memilih alat bantu dengar itu sendiri? Apakah harus disesuaikan dengan kebutuhan saja? Atau ada tips lainnya?

Tips Memilih Alat Bantu Dengar

Dalam memilih alat bantu dengar, Anda harus mengetahui tips dan trik agar tidak terjadi kesalahan, berikut adalah tipsnya :

  1. Pilih amplifikasi alat bantu dengar sesuai kebutuhan

Semakin besar kerusakan sel-sel rambut seseorang, semakin parah gangguan pendengarannya, dan semakin besar amplifikasi alat bantu dengar yang dibutuhkan untuk membuat perbedaan. Namun, ada batasan praktis untuk jumlah amplifikasi yang dapat disediakan oleh alat bantu dengar.

 Namun apabila telinga bagian dalam terlalu rusak, maka getaran besar tidak akan dikonversi menjadi sinyal saraf. Dalam situasi ini, alat bantu dengar tidak akan efektif.

  1. Pilih yang sesuai dengan jenis gangguan telinga

Alat bantu dengar yang paling cocok untuk Anda tergantung pada jenis dan tingkat keparahan gangguan pendengaran Anda. Jika Anda memiliki gangguan pendengaran di kedua telinga Anda, dua alat bantu dengar umumnya direkomendasikan.

Memilih dua alat bantu sekaligus dapat memberikan sinyal yang lebih alami ke otak. Mendengar di kedua telinga juga akan membantu Anda memahami ucapan dan menemukan dari mana suara itu berasal.

  1. Pilih yang sesuai dengan gaya hidup

Pilihlah alat bantu dengar yang paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda. Harga juga merupakan pertimbangan utama karena alat bantu dengar berkisar dari ratusan hingga jutaan rupiah. Mirip dengan pembelian peralatan lainnya, gaya dan fitur mempengaruhi biaya.

 Namun, jangan gunakan harga dengan patokan sendiri untuk menentukan alat bantu dengar terbaik untuk Anda. Hanya karena satu alat bantu dengar lebih mahal daripada yang lain,  tidak berarti itu akan lebih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Alat bantu dengar tidak akan mengembalikan pendengaran normal Anda. Namun, dengan latihan, alat bantu dengar akan meningkatkan kesadaran Anda akan suara dan sumbernya. Jika Anda ingin mencoba menggunakan alat bantu, ada beberapa donatur difabel yang memberikan alat bantu dengar gratis dan Anda bisa mencobanya.