Pentingnya Punya Asuransi di Kehidupan Anda

  • 2 min read
  • May 28, 2021
Pentingnya Punya Asuransi di Kehidupan Anda

Saat ini kesadaran masyarakat tentang pentingnya punya asuransi kesehatan masih sangat rendah. Ada banyak faktor yang membuat masyarakat kurang  tertarik dengan program ini yaitu salah satu faktor yang sering kali buat ragu masyarakat adalah biaya dari asuransi kesehatan itu sendiri. Banyak juga yang bilang, ketika membayar premi untuk setiap bulannya selama jangka panjang atau bertahun-tahun, namun tidak ada  kepastian penggunaan manfaat dari asuransi tersebut, dan bukan jadi tindakan yang menguntungkan. Jika dipikir daripada dipakai untuk membayar biaya premi asuransi kesehatan, maka sebagian orang juga ada yang bilang dana tersebut sebaiknya digunakan untuk keperluan lain misalnya seperti, biaya anak sekolah, biaya hidup dan lainnya.

Akan tetapi, sebenarnya asuransi kesehatan adalah salah satu alat sebagai bentuk perlindungan yang paling mendasar. Karena pada kenyataannya, pada setiap orang pasti punya risiko untuk sakit, serta kapan risiko itu tiba pastinya tidak ada yang tahu dan mungkin saja datang tidak terduga. Mungkin saja hari ini kamu masih sehat, namun belum tentu beberapa hari kemudian Masi sehat, alih-alih malah mengalami gangguan pencernaan, kemudian sakit kepala, masalah lainnya seperti batuk, nyeri otot atau yang lain.

Bukan hanya itu, penyakit menular seperti influenza, tipus, dan juga demam berdarah juga sering kali mengintai. Apabila lingkungan tempat tinggal kamu  kurang higienis ataupun orang-orang di sekelilingnya punya riwayat sakit batuk atau flu, maka kamu juga dapat berpotensi untuk tertular.

Ketika kamu sakit, maka kamu harus berobat ke klinik ataupun rumah sakit. Namun, biaya untuk berobat itu tidak selalu murah. Jika kamu hanya menderita penyakit yang ringan atau termasuk sederhana, ada biaya yang telah dikeluarkan kemungkinan tidak akan besar.

Akan tetapi, jika kamu membutuhkan konsultasi dokter spesialis, serta obat yang banyak atau mahal, maka pemeriksaan medis ataupun bahkan harus menjalani rawat inap, sehingga biaya yang dikeluarkan juga tentu bisa naik dan tidak sedikit. Ditambah lagi, biaya kesehatan di Indonesia biasanya naik hingga 10% sampai 15% per tahunnya, sedangkan pendapatan kamu belum tentu mengalami kenaikan per tahunnya.

Untuk itu, asuransi kesehatan juga sangat berfungsi meringankan beban kamu ketika risiko tersebut kamu alami. Sehingga, kamu tidak harus secara mendadak mengeluarkan uang tunai dalam jumlah yang besar ataupun malah pusing mencari sumber dana atau mencari pinjaman untuk membayar biaya pengobatan. Akan tetapi jika adanya proteksi dari asuransi kesehatan, maka kehidupan serta kesejahteraan kamu dan keluarga juga tanpa merasa terganggu dengan masalah kesehatan tersebut.

Kemudian jika ada yang ngomong harga asuransi kesehatan itu mahal, tapi sebenarnya itu tidaklah benar karena manfaat yang akan kamu dapatkan juga sangat besar. Sehingga kamu juga dapat terhindar dari berbagai risiko kerugian finansial, ketika mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak serta memadai, serta akan jauh lebih tenang menjalani hidup.

Nah, mungkin itu saja arti dari biaya asuransi yang banyak yang bilang program tersebut kurang bermanfaat, akan tetapi setelah kita tahu bahwa ada sisi lain yang juga punya manfaat yang besar ketika kita punya asuransi kesehatan, salah satunya agar kamu tidak kesulitan dalam membayar pengobatan, apalagi untuk kita yang punya pendapatan tidak besar, dengan begitu ketika ada anggota keluarga yang sakit atau diri sendiri yang sakit maka masalah biaya pengobatan akan mudah solusinya.