Hindari Beberapa Hal-Hal Berikut yang Bisa Membatalkan Puasa

  • 2 min read
  • Apr 28, 2021
hal yang membatalkan puasa

Bagi banyak dari kita mungkin ada yang ingin tahu lebih jelas apa saja hal yang membatalkan puasa. Karena bukan hanya sengaja makan atau minum saja yang bisa membatalkan puasa. Puasa sendiri merupakan hal wajib yang dilakukan oleh umat Islam. Saat berpuasa, kita harus menahan nafsu, makan minum dan lainnya dari waktu terbit Matahari hingga terbenamnya Mentari. Tetapi puasa tak semudah itu dilakukan bagi beberapa orang. Ada juga cukup banyak hal atau pantangan yang tak boleh dilakukan pada saat berpuasa Ramadan. Misal itu muntah disengaja, merokok, dan mengeluarkan mani juga bagi pria. Agar lebih jelasnya, berikut ini hal yang dapat membuat ibadah puasa kamu menjadi gagal.

Muntah

Pada saat sedang berpuasa, maka kita tak diperkenankan memasukan apa pun itu ke tubuh atau mengeluarkan apa pun juga dari tubuh. Maka dari itu, salah satu hal yang bisa membuat puasa kita batal yaitu muntah. Baik itu muntah yang disengaja ataupun muntah yang tidak disengaja tetap akan membatalkan puasa.

Sengaja Makan Minum

Ada hal yang paling utama pada saat berpuasa yaitu menahan nafsu. Termasuk juga tentunya nafsu makan atau pun nafsu haus. Tetapi hal yang bisa membuat puasa kita menjadi batal adalah makan dengan sengaja. Kalau kita makan atau minum tidak sengaja dikarenakan lupa, maka hal seperti itu tidak apa-apa dan puasa bisa dilanjutkan. Tetapi makanan yang masih tersisa di dalam mulut, harus dikeluarkan segera. Hal satu ini tentu sering menjadi perdebatan, sehingga setidaknya kita sudah tahu seperti apa yang benar.

Merokok

Bukan hanya makan atau pun minum saja, meskipun kita tidak makan atau minum, jika kita merokok, maka juga dapat membuat batal ibadah puasa. Merokok ini cukup mirip dengan poin pertama karena jika merokok, maka kita memasukkan rokok tersebut ke tubuh lebih tepatnya ke mulut.

Haid

Pada saat kita sedang puasa, maka tubuh kita perlu dalam keadaan yang suci. Maka dari itu, haid bisa membuat batal ibadah puasa. Bagi para perempuan yang sedang haid atau nifas, maka bisa meliburkan puasanya. Termasuk juga yang setelah melahirkan, mereka tidak bisa melanjutkan puasa. Karena, darah keluar saat haid merupakan darah kotor sehingga bisa membuat puasa kita batal. Sebagai gantinya, ada banyak amalan yang bisa dilakukan jika tidak bisa melanjutkan beribadah puasa tersebut. Misalnya saja memberikan hidangan makanan untuk yang berpuasa, lalu berdzikir, baca asmaul husna dan sebagainya.

Hilang Akal/Gila

Ada cukup beragam memang hal yang bisa membatalkan puasa, termasuk juga mereka yang merupakan orang gila tidak bisa atau tidak wajib berpuasa. Hilang akal atau gila seperti ini tentu saja berbeda dengan orang pada umumnya. Mereka sudah tidak dapat berfikir jernih atau normal lagi. Namun, jika kita berpuasa lalu hilang akal tiba-tiba, maka hasilnya kita akan batal puasa meski kasus seperti ini sangat jarang ditemui.

Bekam

Bekam ini merupakan salah satu metode pengobatan populer yang bertujuan mengeluarkan darah dengan kandungan toksin atau racun dari tubuh. Seperti yang sudah kita tahu dari beberapa poin di atas, kita tidak boleh mengeluarkan apa saja dari dalam tubuh selain ekskresi pada saat puasa. Tentunya termasuk juga mengeluarkan darah yang bisa membatalkan puasa. Karena itu, maka bekam merupakan hal yang bisa membuat puasa kita batal.