Sifat Wajib Allah yang Harus Diketahui Muslim

  • 2 min read
  • Mar 25, 2021
Sifat Wajib Allah yang Harus Diketahui Muslim

Dalam agama islam ada 20 sifat wajib Allah yang harus diketahui. Menurut para ulama, Allah SWT memiliki banyak sifat wajib karena Allah SWT adalah Dzat Yang Maha Sempurna. Tapi, menurut dalil, hanya 20 sifat wajib yang perlu diketahui secara umum. Beikut adalah sifat wajib allah yang harus diketahui.

  1. Wujud

Wujud artinya Allah SWT merupakan zat yang pasti ada. Allah SWT adalah zat yang berdiri sendiri dan tidak bergantung kepada siapa pun.

  1. Qidam

Qidam berarti terdahulu atau awal. Allah SWT telah ada terlebih dulu jauh sebelum apa pun yang diciptakan-Nya.

  1. Baqa

Baqa’ adalah sifat wajib Allah SWT selanjutnya yang patut diketahui. Baqa’ berarti kekal atau abadi. Allah Maha Kekal, Dia tidak akan bisa punah atau mati.

  1. Mukholafatul Lilhawaditsi

Allah SWT merupakan Dzat Yang Maha Sempurna dan tak ada satu pun makhluk di dunia yang menyerupai Allah.

  1. Qiyamuhu Binafsihi

Allah tidak memerlukan bantuan dari siapa pun dan tidak bergantung kepada siapa pun, maka dari itu ia memiliki sifat qiyamuhu binafsihi yang artinya berdiri sendiri.

  1. Wahdaniyah

Allah memiliki sifat wahdaniyah yang berarti tunggal atau esa. Allah SWT bersifat tunggal karena Dia tak memiliki sekutu.

  1. Qudrat

Allah SWT yaitu pemilik dan pemegang kuasa terhadap segala sesuatu. Oleh karena itu, Allah SWT memiliki sifat qudrat yang artinya berkuasa.

8.Iradat

Iradat berarti berkehendak. Jika Allah SWT telah berkehendak atas sesuatu, maka tak ada yang tak mungkin terjadi dan tak ada pula yang mampu mencegahnya.

  1. Ilmun

 ‘Ilmun berarti mengetahui atas segala sesuatu. Allah SWT mengetahui segala sesuatu, baik yang tampak hingga yang tidak tampak oleh mata manusia.

  1. Hayat

Allah SWT memiliki sifat hayat yang artinya Allah yaitu Dzat yang Maha Hidup dan kekal abadi yang tidak akan pernah bisa mati.

  1. sam’un

Allah SWT merupakan Dzat Yang Maha Mendengar segala sesuatu yang ada di dunia ini. Baik suara yang terdengar dan diucapkan, maupun yang hanya disembunyikan di dalam hati.

  1. Bashar

Allah SWT memiliki sifat basar atau yang berarti Maha Melihat. Allah SWT dapat melihat segala sesuatu di dunia ini karena pandangan dan penglihatan Allah SWT tak terbatas.

  1. Kalam

Kalam artinya berfirman. Allah SWT dapat berbicara dan berkata secara sempurna tanpa bantuan apa pun.

  1. Qadiran

Segala sesuatu yang terjadi di dunia ini merupakan kuasa Allah SWT. Maka dari itu, Allah SWT memiliki sifat qadiran yang berarti kuasa.

  1. Mudiran

Segala peristiwa di dunia dapat terjadi atas kehendak dan takdir yang telah Allah SWT tetapkan. Allah SWT memiliki sifat muridan yang berarti kehendak.

  1. Aliman

Allah SWT Maha Mengetahui segala sesuatu yang ada di dunia ini. Allah SWT memiliki sifat ‘aliman yang bermakna Maha Mengetahui.

  1. Hayyan

Allah SWT tidak pernah tidur, tidak lengah, dan tidak akan pernah mati. Sebab, ia memiliki sifat hayyan yang berarti Maha Hidup.

  1. Samian

Allah SWT memiliki sifat sami’an yang berarti Maha Mendengar. Allah SWT Maha Mendengar semua ucapan, doa, dan permintaan kita.

  1. Bashiran

Allah SWT selalu mengawasi setiap gerak-gerik dan tingkah laku hamba-Nya. Tak ada satu pun yang luput dari pandangannya. S

  1. Mutakkaliman

Al-Quran merupakan bukti nyata firman Allah SWT atau kata-kata dari Allah SWT yang disampaikan melalui Nabi dan Rasul-Nya.