2 Cara Ampuh Atasi Nyeri Lambung yang Mudah Diterapkan

  • 2 min read
  • Mar 19, 2021
Cara Ampuh Atasi Nyeri Lambung

Nyeri lambung atau dalam dunia medis dikenal dengan istilah gerd adalah salah satu penyakit yang biasanya akan muncul dan terjadi karena naiknya asam lambung ke kerongkongan. Penyakit ini biasanya akan ditandai dengan munculnya beberapa gejala seperti rasa asam pada mulut dan rasa nyeri pada dada. Saat asam lambung naik biasanya juga akan muncul beberapa gejala seperti nyeri pada lambung yang akan menimbulkan rasa tidak nyaman untuk melakukan aktivitas. Dan jika tidak segera diberikan penanganan yang tepat maka akan semakin buruk kondisinya serta akan membuat aktivitas sehari-hari juga semakin terganggu.

Biasanya jika sudah muncul beberapa gejala seperti rasa panas dan terbakar pada dada dan mulut yang terasa sangat asam perlu segera diberikan pertolongan supaya tidak semakin parah dan tidak mengalami gangguan yang lebih serius. Penyakit asam lambung atau nyeri pada lambung yang dalam istilah dunia medis dikenal dengan nama gerd ini muncul karena pengaruh berbagai macam kegiatan misalnya seperti gaya hidup yang tidak sehat dan juga pengaruh dari setiap makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap harinya.

Apabila sebelumnya Anda sering mengalami gejala nyeri pada ulu hati dan bisa juga disertai dengan rasa nyeri pada dada maka sudah dipastikan pada Anda terserang gerd dan asam lambung. Gerd sendiri juga sangat mirip gejalanya dengan refluks asam lambung, akan tetapi keduanya sebenarnya bukan merupakan suatu penyakit yang sama. Dan perlu Anda ketahui juga bahwa gerd adalah salah satu jenis penyakit yang tergolong sebagai penyakit kronis jadi perlu penanganan yang cukup supaya tidak semakin parah dan buruk. Untuk itu, berikut ini cara mengatasi asam lambung atau nyeri lambung yang kerap menjadi pertanda sakit maag yang mudah:

  1. Konsumsi kacang hijau

Tahukah Anda bahwa kacang hijau adalah salah satu jenis makanan yang sangat bagus dan dipercaya bisa digunakan untuk mengatasi rasa nyeri yang muncul pada lambung. Hal ini karena kandungan zat yang terdapat di dalam kacang hijau dipercaya bisa digunakan untuk menetralisir kadar asam lambung, dengan begitu lapisan lambung bisa menebal dan rasa nyeri lama-kelamaan akan menghilang. Supaya tidak terjadi lagi rasa nyeri yang teramat sakit pada lambung, Anda bisa konsumsi kacang hijau secara rutin dengan dibuat bubur kacang hijau misalnya.

  1. Konsumsi pisang

Tahukah Anda jika ternyata pisang juga bisa digunakan untuk mengatasi nyeri pada lambung. Ternyata pisang selain memiliki rasa yang enak dan mengandung banyak gizi ternyata juga bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan seperti masalah nyeri pada lambung atau asam lambung misalnya. Pisang mengandung zat antisida yang dipercaya bisa dijadikan sebagai lapisan dinding perut dan juga saluran pencernaan, dengan begitu maka lambung akan terbebas dari yang namanya iritasi.

Di atas adalah beberapa informasi tentang cara yang paling mudah dan paling ampuh untuk mengatasi nyeri lambung. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, jika sebelumnya Anda sudah memiliki riwayat penyakit ini dan lama –kelamaan sakit yang Anda rasakan semakin buruk, Anda konsultasikan dengan dokter supaya segera mendapatkan pelayanan kesehatan yang tepat dan benar. Selain itu, Anda juga bisa konsumsi obat generik yang sudah direkomendasikan oleh dokter atau jika memang Anda ingin menghindari obat generic, Anda bisa konsumsi beberapa obat alami yang sudah disebutkan di atas karena dirasa lebih aman dan tidak menimbulkan efek jangka panjang yang buruk.