Ketika Anda memiliki kawat gigi, gigi-gigi itu perlu perhatian ekstra untuk melindungi mereka dari kerusakan, pewarnaan dan penyakit gusi. Anda juga harus melakukan tindakan pencegahan untuk menghindari kerusakan kawat untuk gigi. Sebagai contoh, hal-hal yang harus dihindari termasuk makan permen yang kenyal atau lengket, makan makanan keras atau renyah. Ada beberapa tips lanjutan selain menggosok gigi dengan cara yang tepat, cara-cara berikut ini terbukti efektif dan sederhana.

Penggunaan Floss (Benang Gigi) untuk Membersihkan Gigi

Gunakan Floss setidaknya sekali sehari, pastikan Anda tidak hanya benang antara kawat gigi tetapi juga di bawah kawat pada gigi. Untuk lebih mudah menggunakan benang di bawah kabel, gunakan benang ortodontik, yang dapat Anda beli di toko obat. Benang berlilin lebih mudah untuk digeser di antara gigi Anda dan lebih kecil kemungkinannya untuk tersangkut di kawat pada gigi Anda daripada benang yang tidak digosok.

Jika Anda memiliki ruang di antara gigi Anda, Anda mungkin menemukan bahwa sikat interproksimal (juga disebut interdental) di antara gigi bekerja lebih baik daripada dengan teknik flossing. Pilihan lain untuk daerah yang sulit dijangkau adalah pengairan pada mulut. Aliran airnya yang dikumur dapat menghilangkan plak dan sisa makanan. Anda juga dapat membilas dengan obat kumur, untuk membunuh bakteri yang terlewatkan oleh penyikatan dan flossing.

Perhatikan Apa yang Anda Makan

Saat Anda memakai kawat untuk gigi, Anda harus lebih memperhatikan akan apa yang Anda makan. Dengan memakan terlalu banyak makanan manis dan bertepung dapat menyebabkan plak menumpuk di sekitar kawat, yang dapat menyebabkan noda pada gigi, menyebabkan gigi berlubang atau menyebabkan penyakit gusi.

Anda harus menghindari makanan yang lengket dan kenyal, seperti buah-buahan kering, karamel, gula-gula, jagung rebus dan permen karet. Karena semua hal tersebut dapat menumpuk dan sulit dilepaskan dari kawat gigi.

Makanan dengan tekstur keras adalah hal yang tidak dianjurkan. Makanan seperti kacang-kacangan, es, popcorn, dan dendeng dapat mematahkan kawat pada gigi dan melonggarkannya. Bahkan makanan sehat, seperti apel mentah dan wortel, dapat menimbulkan masalah karena tekstur kerasnya dapat merusak kawat. Untuk makan makanan renyah, potong-potong kecil-kecil. Dan untuk menunjang perawatan gigi, Anda dapat mengunjungi RATA, The First Indonesian Clear Aligner.