Dalam beberapa tahun terakhir, langkah besar telah dibuat dalam pengembangan infrastruktur telekomunikasi di Indonesia sehingga sekarang ada serangkaian layanan alternatif yang menarik yang menyediakan akses Internet yang lebih cepat bagi konsumen di Indonesia. Ketika internet diluncurkan di Indonesia pada tahun 1998, ia mencapai 134.000 pelanggan. Pada 2014 angka itu telah tumbuh menjadi 80 juta. ISP adalah penyedia layanan internet Indonesia yang menyediakan email, hosting web, dan layanan terkait.

Ada banyak ISP Indonesia dengan lisensi untuk beroperasi di Indonesia yang menawarkan layanan Jaringan Internet Indonesia yang stabil. Sejumlah ISP terkadang lebih populer daripada yang lain karena bandwidth yang lebih luas, layanan pelanggan yang lebih baik, dan harga yang lebih baik. Dan sejumlah ISP internasional ada juga yang menawarkan layanan atau nomor akses lokal di Indonesia.

Untuk informasi terkini mengenai internet dan juga teknologi digital di Indonesia, Anda bisa mengunjungi situs Kuotabro. Situs tersebut merupakan situs penyedia informasi terbesar seputar dunia digital, seperti games, elektronik, komputer, internet, dan masih banyak informasi menarik lainnya yang bisa Anda dapatkan di situs tersebut.

Tidak semua ISP dibuat sama! Saat membandingkan berbagai ISP untuk mencoba menentukan yang berlangganan, lihatlah faktor-faktor yang telah kami sediakan berikut ini :

Lakukan Polling

Lakukan polling teman secara informal atau di Forum Expat untuk melihat ISP mana yang saat ini mereka gunakan dan rekomendasikan. Tanyakan kepada mereka tentang masalah yang mereka alami dengan ISP yang mereka gunakan di masa lalu. Ada banyak utas di forum mengenai pertanyaan ini, cukup lakukan pencarian.

Tanyakan Jumlah Bandwidth ISP

Tanyakan kepada berbagai ISP berapa bandwidth mereka dan rasio pengguna saat ini terhadap bandwidth. Bagaimanapun kita perlu mengetahui, bahwa bandwidth ISP bukan satu-satunya faktor penentu kecepatan. Saluran telepon Anda, kemacetan saluran telepon di lingkungan Anda, komputer Anda, modem Anda, RAM Anda, dan berbagai faktor lainnya harus dipertimbangkan juga.

Mengapa Bandwidth Jaringan Internet ISP Perlu Dipertimbangkan?

Selain hal yang telah kami jelaskan di atas, jumlah router dan server serta peralatan misterius lainnya di ISP dapat semakin memperlambat atau mempercepat koneksi. Bandwidth yang lebih besar tidak selalu berarti koneksi yang lebih cepat jika rasio pengguna terhadap bandwidth tinggi atau kurangnya server router yang membuat hambatan dalam transmisi.

Periksa juga kelengkap ISP, cari tahu apakah ISP menawarkan koneksi kabel, ADSL, satelit atau nirkabel sebagai opsi untuk dial-up. Tanyakan tentang paket nilai di mana Anda menerima satu atau lebih alamat email dengan jumlah jam penggunaan koneksi yang ditentukan.

ISP biasanya menawarkan biaya bulanan dasar untuk jumlah jam tertentu, dengan biaya tambahan yang dibebankan per jam untuk penggunaan selama jam yang tercakup dalam paket. Tanyakan apakah ISP Anda memiliki fasilitas jelajah sehingga Anda dapat terhubung dari nomor lokal di berbagai kota di seluruh Indonesia.

Hubungi meja layanan pelanggan di ISP yang Anda pertimbangkan dan lihat apakah ada yang bisa berbicara dengan Anda dalam bahasa Inggris. Jika Anda memiliki masalah di masa depan, Anda akan ingin dapat berkomunikasi dengan staf layanan pelanggan ISP untuk mengatasi masalah tersebut.

Nah, jadi itulah pembahasan mengenai pemahaman Jaringan Internet dan penggunaan bandwidth ISP yang telah kami sajikan untuk Anda. Demikianlah pembahasan artikel ini saya buat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, terimakasih.