Ingin Mengajukan Kredit KTA? Ini Persyaratan dan Cara yang Harus Anda Lakukan!

  • 2 min read
  • Mar 18, 2021
Ingin Mengajukan Kredit KTA

Program pinjaman atau kredit kini bisa diberikan oleh lembaga keuangan dalam berbagai bentuk sesuai dengan kebijakan pemberi kredit. Jika dahulu bank hanya bisa memberikan pinjaman kepada masyarakat atas dasar jaminan yang diberikan, kini tanpa jaminan pun seseorang bisa mendapatkan kredit yang dibutuhkan hingga mencapai ratusan juta. Produk pinjaman tanpa jaminan tersebut adalah KTA (Kredit tanpa agunan) yang sudah dimiliki oleh hampir semua bank nasional. Kredit KTA bisa menjadi solusi yang tepat bagi Anda yang membutuhkan uang dalam waktu cepat namun tidak memiliki jaminan yang bisa diberikan pada bank.

Kredit tanpa jaminan ini tentu saja membuat banyak orang ingin mendapatkannya. Bukan hanya itu kelebihan yang bisa diberikan namun juga jumlah pinjaman yang besar hingga ratusan juta. Proses permohonan hingga dikeluarkannya keputusan ACC termasuk cepat dibandingkan produk kredit lainnya karena hanya memerlukan 2 hingga 14 hari kerja. Berbagai bank nasional pun sudah memiliki produk pinjaman ini sehingga Anda bisa lebih leluasa untuk mengajukan pinjaman ke bank yang sudah Anda percayai.

Tertarik mengajukan permohonan kredit untuk produk KTA ini? Sebelum Anda melakukannya, pastikan Anda memenuhi persyaratan seperti berikut ini:

  • Berusia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun saat kredit yang direncanakan berakhir.
  • Merupakan warga negara Indonesia yang dibuktikan dengan KTA.
  • Memiliki kartu kredit dengan masa pakai lebih dari 1 tahun.
  • Memiliki penghasilan bulanan minimal 3 juta.
  • Memiliki NPWP untuk pengajuan kredit di atas 50 juta.

Sudah memenuhi persyaratan yang diberikan tersebut? Yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah datang ke bank yang diinginkan menjadi kreditur atau melakukan janji temu dengan marketing kredit KTA bank tersebut untuk mengisi formulir dan menyerahkan persyaratan yang dibutuhkan. Anda juga perlu membawa materai untuk nantinya dibubuhkan ke formulir permohonan KTA. saat mengisi formulir, isilah dengan data yang benar dan bisa dipertanggungjawabkan agar proses permohonan bisa lebih mudah di ACC.

Setelah mengisi formulir permohonan KTA dan menanda-tanganinya di atas materai, formulir akan dibawa oleh pihak bank untuk kemudian dilakukan proses survey. Proses survey inilah yang akan menentukan apakah permohonan Anda nantinya di ACC ataukah ditolak. Survey sendiri hanya dilakukan via telepon dimana bank akan menelpon Anda, keluarga dan lokasi kerja untuk melakukan verifikasi data yang Anda berikan sebelumnya. Diharapkan saat melalui proses survey, Anda selalu menjawab telepon yang masuk karena merupakan point yang sangat penting bahwa Anda selalu available saat dihubungi.

Selain memeriksa data yang Anda berikan, tentu saja bank akan memeriksa riwayat kredit Anda sebelumnya. Bank akan meminta data kredit Anda dari OJK untuk melihat track record pembayaran kredit terutama untuk kartu kredit yang dijadikan salah satu persyaratan KTA. jika track record kredit Anda baik, besar kemungkinan Anda bisa lolos proses survey dan mendapatkan persetujuan untuk meminjam melalui program KTA.

Setelah Anda mendapatkan pinjaman dari kredit KTA, jangan lupa untuk mencatat tanggal jatuh tempo dan melakukan pembayaran tepat waktu agar menghindari diberikannya denda yang lebih besar dibandingkan dengan denda pada program pinjaman online 24 jam langsung cair yang diberikan layanan online. Anda bisa membayar tagihan secara autodebet melalui rekening yang dimiliki di bank tersebut atau melakukan setor di bank terdekat. Jaga agar kredit Anda di KTA ini tetap lancar dengan membayar tepat waktu sehingga riwayat kredit Anda tetap baik hingga masanya selesai.