Cerdas Ajukan Pinjaman 10 juta Langsung Cair, Kenali Biaya Tambahan yang Harus Dibayarkan Berikut!

  • 2 min read
  • Nov 27, 2020
Cerdas Ajukan Pinjaman 10 juta Langsung Cair

Mengenai produk pinjaman atau hutang yang ada di Indonesia memang begitu banyak. Karena tak hanya dikeluarkan oleh lembaga keuangan seperti bank saja, melainkan banyak juga lembaga non bank yang menawarkan produk pinjaman semacam ini. Jadi bisa lebih bebas di dalam pilah-pilih lembaga mana yang paling tepat. Apalagi jika Anda membutuhkan pinjaman 10 juta langsung cair, plafon pinjaman yang cukup tinggi tidak ditawarkan oleh semua lembaga pembiayaan.

Dalam mengajukan hutang ini memang begitu banyak hal yang patut untuk dijadikan sebagai pertimbangan. Apalagi tidak ada jaminan bahwa kedepannya nanti Anda juga bisa semudah itu melunasi hutang ini. Ingat bahwa semakin besar jumlah yang dipinjam, maka nantinya beban pengembalian juga jadi semakin besar, karena masih harus ditambah dengan biaya-biaya yang lainnya. Tanpa disadari sebenarnya biaya tambah ini jumlahnya bisa sangat besar jika seandainya kebijakan bank yang menerbitkannya memberikan nominal yang cukup besar.

Untuk itu maka penting sekali bagi Anda didalam mengenali ragam jenis biaya tambahan ketika memutuskan untuk ambil pinjaman ini, antara lain:

  1. Biaya provisi, ketika Anda memutuskan untuk ambil pinjaman kepada sebuah lembaga keuangan, maka nantinya akan dikenai dengan biaya provisi. Apakah itu? Yaitu biaya balas jasa kepada perusahaan keuangan tersebut, karena apply Anda disetujui oleh mereka. Umumnya biaya ini juga hanya akan dikenai satu kali pada saat pengajuan awal dengan prosentase antara 0,5 hingga 3,5 persen dari total uang pinjaman yang Anda dapatkan tersebut, tergantung pada jenis pinjamannya, namun untuk KTA memang presentasinya lebih tinggi.
  2. Biaya di muka, ini adalah beban biaya yang harus Anda bayarkan di luar cicilan. Jumlahnya bergantung dari pihak bank tersebut, namun umumnya adalah 1,5 hingga 5 persen. Inilah mengapa tak jarang yang besarnya uang pinjaman yang dikirimkan tidak penuh, karena memang dipotong dengan biaya ini.
  3. Bunga, bunga termasuk biaya yang pasti ada dalam setiap transaksi keuangan, apalagi ini adalah pinjaman. Hanya saja kebijakan untuk masing-masing lembaga keuangan berbeda-beda terkait dengan prosentase bunga yang dibebankan. Namun umumnya KTA sendiri memang memiliki biaya bunga lebih tinggi dibandingkan dengan kredit multiguna. Bukan tanpa alasan, melainkan karena KTA tidak menyertakan adanya barang jaminan, dengan resiko yang begitu tinggi oleh lembaga keuangan tersebut, tak heran mereka akan memberikan bunga yang cukup besar.
  4. Biaya penalti, sebenarnya tak semua lembaga keuangan memberikan beban biaya yang satu ini, penalti adalah biaya yang dibayarkan ketika Anda melunasi hutang lebih cepat dari waktu yang sudah ditentukan.
  5. Biaya asuransi, untuk produk pinjaman uang yaitu KMG atau Kredit Multiguna, maka mereka memberikan tambahan biaya asuransi, sebagai bentuk keamanan pada barang atau produk yang dijadikan sebagai agunan tersebut. Asuransi yang dipilih tersebut juga sesuai dengan kebijakan bank, sehingga untuk premi yang harus dibayarkan juga beragam.

Cerdas di dalam pilah-pilih ragam produk pinjaman 10 juta langsung cair ini memang sangatlah penting. Agar kedepannya Anda bisa merasakan manfaatnya secara optimal, namun juga tidak akan menyesal setelah apply kredit tersebut. Gunakan secara bijak uang pinjaman tersebut, lebih baik jika Anda menggunakannya untuk kebutuhan yang sifatnya produktif dibandingkan dengan konsumtif. Seperti diantaranya adalah untuk kepentingan modal usaha atau untuk berinvestasi.