Zaman sekarang banyak sekali para pengusaha membangun bisnis dengan berbagai macam jenis usaha. Mulai dari usaha kuliner, coffee shop, hingga jasa rental mobil. Semua segala jenis usaha harus mengerti dan bisa mengembangkan usahanya tersebut. Mulai dari survey area, demand barang dan juga kebutuhan konsumen. Kali ini saya akan memberikan beberapa tips untuk membuat usaha sewa mobil Jakarta dengan modal kecil, Yuk intip tips nya.

  1. Tentukan mobil yang sangat diminati

Pertama anda harus tentukan mobil apa saja yang paling diminati oleh calon konsumen. Anda bisa melakukan survey dengan memberikan kuesioner ke beberapa audiens. Namun secara umum, biasanya calon konsumen sewa mobil lebih suka memilih mobil jenis MPV karena dapat membawa banyak penumpang serta irit bahan bakar. Biasanya mobil yang bisa anda pertimbangkan untuk membeli yaitu Avanza, Xenia, Gran Max, Mobilio, dll. Setelah anda membeli mobil yang akan disewakan, tentukan harga nya sesuai dengan jenis mobilnya.

  1. Hindari membeli mobil bekas

Untuk anda yang ingin memulai usaha sewa mobil dengan membeli mobil bekas, saya sarankan hindari. Karena saat anda memilih mobil baru, anda akan mendapatkan mobil dengan kualitas mesin dan aksesoris masih bagus. Namun ketika anda membeli mobil bekas, anda membutuhkan ekstra waktu karena anda harus cek setiap unit mobil apakah layak atau tidak. Ini berhubungan langsung dengan pandangan calon konsumen dan kenyamanan saat berkendara. Selain itu perawatan mobil bekas biasanya lebih boros. Daripada anda mengeluarkan ekstra uang untuk mobil bekas, saya sarankan membeli mobil baru karena kedepannya akan mengurangi biaya perawatan.Tips ini mungkin sebagai bahan pertimbangan sebelum anda memikirkan membeli mobil bekas.

  1. Membeli mobil dengan kredit

Jika anda mempunyai modal yang besar, anda bisa membeli mobil secara cash. Namun sesuai topik jika anda tidak mempunyai modal yang besar, anda bisa membeli mobil secara kredit. Untuk angsuran perbulannya, anda dapat mengambil dari sebagian pendapatan sewa mobil. Dengan begitu, anda tidak terlalu banyak pembayaran dari angsuran mobil.

  1. Daftarkan mobil ke asuransi

Ini sangat penting jika ingin memulai usaha sewa mobil karena untuk menghindari Resiko yang mungkin akan terjadi seperti kerusakan akibat kecelakaan, kerugian, akibat bencana alam, serta yang lain. Untuk menghindari resiko, anda coba gunakan asuransi yang menurut anda baik lalu anda turunkan nilainya. Karena ketika anda mendaftarkan mobil dengan perusahaan asuransi, biaya kerusakan mobil akan ditanggung oleh asuransi.

  1. Media Promosi

Agar usaha anda dapat dikenal oleh masyarakat, anda harus mempromosikan usaha sewa mobil anda. bisa melalui iklan di Koran ataupun sosial media seperti facebook, Instagram, twitter, dll. Dan juga anda bisa menjalin kerjasama dengan pihak hotel untuk membantu mempromosikan usaha sewa mobil anda kepada pengunjung hotel atau klien.

  1. Bijak dalam mengelola keuangan

Hal selanjutnya yang anda lakukan adalah ketika usaha sewa mobil anda berjalan, anda harus perhatikan dalam mengatur keuangan usaha anda dengan teliti dan cermat. Jangan sampai pengeluaran lebih besar daripada pemasukan. Namun jika anda belum mengerti cara mengelola keuangan usaha sewa mobil, anda bisa berkonsultasi dengan lembaga yang mengerti tentang keuangan perusahaan.

Itulah beberapa tips yang ingin memulai usaha sewa mobil dengan modal kecil. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.