Liburan ke suatu tempat untuk menenangkan pikiran. Dan juga fisik setelah penat dengan aktivitas sehari – hari. Tentu saja menjadi sebuah hal yang sangat menyenangkan dan banyak dipilih oleh masyarakat. Dan Indramayu sendiri sering dijadikan sebagai tempat liburan karena memiliki berbagai tempat wisata menarik dan juga kulinernya yang lezat – lezat.

Selain itu juga terdapat beberapa makanan yang bisa dijadikan sebagai oleh – oleh. Bicara tentang souvenir khas indramayu yang bisa dibawa untuk keluarga ataupun saudara di rumah. Maka berikut ini adalah beberapa pilihan oleh oleh khas Indramayu yang wajib untuk Anda bawa pulang:

  • Kerupuk Bonggol Pisang

Kemudian yang kedua adalah kerupuk bonggol pisang. Memang tak dapat dipungkiri jika masyarakat Indramayu ini terbilang kreatif di dalam mengolah berbagai macam bahan makanan. Salah satunya adalah bonggol pisang. Bagian dari pohon pisang yang dianggap sebagai sampah ini. Ternyata dapat diolah menjadi sebuah masakan yang lezat dan renyah, dimana diolah menjadi kerupuk bonggol pusang.

Ide yang mana berasal dari Desa Pringcala tersebut sudah terbukti dapat dijadikan sebagai lahan bisnis yang sangat menjanjikan. Dengan mengemas kerupuk bonggol pisang tersebut. Sampai dengan kemasan yang kekinian serta modern dan memasarkannya dengan sosial media. Sekarang ini makanan khas Indramayu ini banyak dijadikan sebagai oleh – oleh.

  • Keripik Tike

Lalu yang ketiga adalah keripik tike. Selain kerupuk bonggol pisang, ada juga keripik tike, dimana makanan ini merupakan sebuah keripik dengan bahan dasar umbi rumput teki. Makanan ini juga menjadi favorit masyarakat dan para wisatawan. Mungkin saja banyak di antara Anda yang mana penasaran bagaimana rasa dari bahan yang tak biasa tersebut. Namun ternyata keripik tike ini memiliki cita rasa yang enak, dimana renyah, terlebih lagi dengan bumbu – bumbu spesial. Dengan hal tersebut ternyata membuat banyak wisatawan yang penasaran dan juga rela untuk merogoh kocek sampai dengan 120 ribu rupiah untuk bisa mendapatkan 1 kg keripik tike ini.

  • Dodol Raragudig

Yang keempat adalah dodol Raragudig, Daerah Jawa Barat, khususnya Indramayu memang sangat terkenal akan olahan dodolnya sebagai salah satu oleh oleh khas Indramayu. Dan dodol khas Indramayu sendiri memang termasuk kuliner zaman dulu yang dapat bertahan sampai dengan sekarang. Hal tersebut tentu saja tidak lepas dari cita rasanya yang memang selalu terjaga. Terlebih lagi dodol Raragudig memang sengaja dibuat menggunakan gula asli serta tanpa pemanis buatan. Dan untuk rasanya sendiri terkesan alami.

Apa Saja Souvenir Khas Indramayu?

  • Kerupuk Kulit

Lalu ada juga kerupuk kulit. Dimana terdapat dua jenis pilihan kerupuk kulit khas dari Indramayu, adapun pilihannya sendiri adalah kerupuk kulit yang terbuat dari bahan kulit sapi dan juga dari kulit ikan. Kedua jenis kerupuk kulit tersebut memang terasa gurih dan juga banyak diminati oleh para wisatawan. Tanpa bahan pengawetpun kerupuk kulit ini juga cukup awet sehingga sangat cocok dijadikan sebagai sebuah oleh oleh khas Indramayu.

  • Ikan Kering

Ada juga ikan kering, dimana sebagai sebuah daerah yang berada di dekat pantai, tentu saja Indramayu ini menawarkan oleh – oleh seperti ikan kering sebagai khasnya. Banyak dari wisatawan yang menyempatkan untuk membeli ikan kering saat mengunjungi Indramayu. Hal tersebut karena oleh – oleh ini memang sangat mudah untuk dibawa serta cukup awet.

Jadi jika Anda ingin mencobanya, maka bisa membeli jenis teri belah ataupun teri nasi. Anda juga bisa mencoba untuk membeli japu manis yang telah diberikan taburan ketumbar dan juga gula merah. Demikianlah beberapa ulasan tentang souvenir khas indramayu yang terkenal enak wajib dibawa pulang semoga bemanfaat.