Tips Agar Tidak Mudah Stress Selama Menjalani Sosial Distancing Saat Wabah Virus Corona

  • 2 min read
  • Apr 14, 2020
Virus Corona

Ada beragam cara yang bisa dilakukan agar Anda dan juga keluarga tidak sampai terjangkit virus Corona yang belakangan memang semakin merebak. Bahkan hal ini juga didukung dengan beberapa kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah. Misalnya adalah mereka mengeluarkan kebijakan work from home, dimana nantinya bisa membawa pekerjaan tersebut pulang atau untuk dikerjakan di rumah. Semakin kesini bahkan jika dilihat ada semakin banyak jenis kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah untuk mengatasi kondisi tersebut.

Pada dasarnya wabah semacam ini memang pernah menyerang manusia beberapa abad yang lalu. Hanya saja karena dulu mobilitas yang dilakukan oleh manusia masih terbatas, sehingga bisa dengan mudah dikendalikan. Tidak seperti di era teknologi seperti sekarang ini, meskipun ada kecanggihan teknologi dan juga fasilitas medis. Hanya saja disebabkan oleh mobilisasi yang berlangsung secara cepat kemanapun, maka membuat penyebarannya juga menjadi semakin cepat. Tak heran jika seandainya banyak negara yang kemudian menerapkan sistem lockdown, agar nantinya tidak ada yang keluar masuk negara mereka seenaknya dan menyebarkan virus.

Di Indonesia sendiri sejak mewabahnya virus Corona ini maka pemerintah juga menerapkan aturan social distancing, dimana dihimbau bagi siapa saja untuk tetap stay di rumah. Tidak banyak melakukan aktivitas di luar rumah, apalagi berada dalam kerumunan, seperti diantaranya adalah dengan nongkrong. Tak heran jika seandainya kondisi semacam ini juga sering kali membuat beberapa orang mengalami stress. Apalagi untuk mereka yang memang terbiasa berkumpul dengan banyak orang. Agar tidak stress selama menjalani sosial distancing saat wabah Covid 19, maka berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan, yaitu:

  1. Buatlah jadwal aktivitas harian Anda, bekerja dari rumah bukan berarti Anda bisa seenaknya dengan rebahan dan sejenisnya. Melainkan sangat dianjurkan untuk tetap membuat jadwal harian, sehingga Anda memiliki sejumlah kegiatan. Hal ini nyatanya juga bisa menghindarkan dari resiko stress. Diantaranya adalah dengan memulai pagi dengan olahraga, bersih-bersih, memasak, bekerja dan sejenisnya.
  2. Berolahraga, olahraga ini adalah upaya terbaik yang dapat dilakukan untuk menjaga tubuh agar tetap bugar dan pastinya juga berguna untuk mencegah stress. Karena dengan olahraga nantinya tubuh akan mengeluarkan dopamin yang berguna untuk mengurangi rasa sakit atau membuat rileks tubuh. Jadi resiko untuk mengalami stress juga semakin kecil.
  3. Melakukan kegiatan yang menjadi hobby Anda, guna menghilangkan rasa jenuh karena berada di dalam rumah selama seharian. Untuk itu Anda bisa melakukan kegiatan yang sebelumnya menjadi hobby, layaknya membaca buku, kemudian juga menonton film, memasak dan sejenisnya. Anggaplah ini sebagai bonus karena selama ini hanya menghabiskan waktu untuk bekerja saja.
  4. Meningkatkan spiritual, selama berada di rumah agaknya Anda juga Anda dapat meningkatkan atau mengembangkan spritual dengan lebih banyak berdoa. Karena bagaimanapun keyakinan semacam ini juga sangatlah penting. Karena setidaknya Anda sendiri masih bisa yakin dan juga meminta kepada Tuhan agar nantinya wabah tersebut cepat berlalu dan bisa melakukan kegiatan seperti sedia kala.

Itulah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah stress selama menerapkan social distancing. Anda sebenarnya tetap bisa berinteraksi dengan orang pada saat social distancing ini, diantaranya adalah mengandalkan sarana atau perangkat komunikasi yang ada. Konsultasi dengan menggunakan aplikasi Halodoc jika seandainya merasakan gejala terjangkit virus Corona.