Perusahaan FMCG, Contoh dan Prospek Bisnisnya di Indonesia

Perusahaan FMCG, Contoh dan Prospek Bisnisnya di Indonesia

Ada banyak industri bisnis yang berpotensi mengalami perkembangan pesat di Indonesia, salah satunya adalah perusahaan FMCG. Perusahaan ini umumnya menargetkan pasar umum, dengan ciri khas produk berupa barang dengan harga terjangkau dengan sirkulasi penjualan yang cepat.

Apa itu perusahaan FMCG? Berikut penjelasan singkat terkait perusahaan FMCG, prospeknya di Indonesia, contoh perusahaan dan produk-produknya.

Apa Itu Perusahaan FMCG dan Bagaimana Prospeknya?

FMCG atau Fast Moving Consumer Goods merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produk konsumen. Seperti dijelaskan di atas, ciri khas dari produk-produk perusahaan FMCG adalah, harga  produk yang sangat terjangkau, dengan sirkulasi barang yang sangat cepat.

Selain itu, biasanya produk-produk dari FMCG adalah peralatan atau barang yang bersifat sebagai kebutuhan sehari-hari, misalnya pengusir atau pembasmi nyamuk, peralatan mencuci atau setrika, minuman atau pendukung diet, minuman kemasan, dan lainnya.

Sementara untuk prospeknya, bisnis perusahaan FMCG di Indonesia tergolong sangat tinggi. Hal ini didasarkan kepada beberapa alasan, diantaranya:

Indonesia Salah Satu Negara dengan Populasi Terbanyak

  • Indonesia memiliki jumlah penduduk yang sangat banyak. Tingginya populasi di Indonesia akan mendorong daya serap terhadap produk tersebut sehingga jumlah produksi pun akan terus meningkat. Ini berbanding lurus dengan potensi keuntungan yang mungkin didapat.
  • Harga produk FMCG tergolong sangat terjangkau. Selain faktor jumlah penduduk dan daya daya beli masyarakat yang cukup tinggi, pasar Indonesia dikenal cukup konsumtif sehingga bisa jadi peluang besar bagi perusahaan FMCG untuk bisa berkembang.
  • Meski berstatus sebagai negara kepulauan, namun setiap wilayah sudah terhubung satu sama lain sehingga proses distribusi barang jadi lebih mudah, cepat dan merata. Kemudahan akses transportasi pun membuat ongkos distribusi produk jadi lebih murah.
  • Terbukanya dunia digital membari banyak peluang bagi perusahaan untuk mengembangkan metode promosi cerdas demi menjaring lebih banyak konsumen. Kondisi ini didukung oleh mayoritas masyarakat Indonesia yang sudah melek internet.

Keuntungan lainnya, masyarakat Indonesia tergolong sangat suka mencoba produk-produk baru sehingga perusahaan FMCG bisa lebih mudah menerapkan strategi diversifikasi produk. Dengan strategi diversifikasi produk, peluang perusahaan untuk berkembang jadi semakin tinggi.

Contoh Perusahaan FMCG di Indonesia

Sudah tentu di Indonesia Anda akan menemukan sangat banyak perusahaan FMCG, salah satunya adalah Enesis Group. Perusahaan asal Indonesia ini memiliki banyak sekali produk yang dibagi dalam dua kategori utama, yakni:

  • Personal & Home Care, yakni produk non-food berupa barang atau produk perawatan pribadi dan rumah. Beberapa contoh produknya, Soffell, Force Magic, Kispray, dan lainnya.
  • Nutraceutical & Functional Drink, yakni produk makanan berupa makanan atau minuman dengan manfaat tertentu, contohnya Adem Sari, Vegeta Herbal, Scrubber, dan lainnya.

Untuk memproduksi dua kategori produk besar tersebut, Enesis Group terbagi dalam 3 perusahaan besar, diantaranya:

  1. PT Sari Enesis Indah, memproduksi produk-produk Nutraceutical & Functional Drink.
  2. PT Herlina Indah, memproduksi produk-produk Personal & Home Care.
  3. PT Marketama Indah, perusahaan khusus yang fokus pada distribusi dan pemasaran produk-produk Enesis Group.

Dengan produk-produk tersebut, sejak didirikan tahun 1988, Enesis Group bukan hanya berhasil menjelma jadi perusahaan FMCG di Indonesia, tapi juga telah berhasil melakukan ekspansi bisnis ke negara-negara Asia, Timur Tengah, hingga Amerika Serikat.

Tidak hanya itu, Enesis Group pun terus berinovasi dengan melakukan diversifikasi produk, beberapa diantaranya adalah Antis hand sanitizer, Air Segar Adem Sari dan lainnya.