Cara Jualan di Instagram Biar Ramai dan Laris Manis

Cara Jualan di Instagram Biar Ramai dan Laris Manis

Instagram itu bisa dibilang jadi media sosial yang lengkap. Foto? Ada. Video? Banyak. Stories dan live streaming? Bisa kapan saja.  Tak heran kalau kemudian selain dipakai untuk medsos, ia pun populer dijadikan ladang jualan. Bahkan rasanya akun-akun jualan semakin banyak dari hari ke hari. Tapi jualan di Instagram pun sebaiknya jangan asal. Soalnya kalau strateginya tidak tepat—misalnya spamming kolom komentar pengguna lain justru akan merasa risih. 

Kenapa Harus Jualan di Instagram? 

Banyak orang menggunakan Instagram untuk mempromosikan bisnisnya. Hal ini bukan tanpa alasan ya.  Saat ini, Instagram punya 1 milyar pengguna aktif per bulannya. Indonesia sendiri tercatat memiliki 59 juta akun terdaftar dan menduduki peringkat keempat pengguna Instagram terbanyak di dunia. Tepat di belakang Amerika Serikat, Brazil, dan India.

Ini artinya, potensi pasarnya raksasa! Kamu pun bisa menjangkau banyak orang dengan lebih mudah. Meskipun algoritma Instagram suka berubah-ubah, kamu tak perlu terlalu khawatir. Asal tahu dasar-dasarnya, misal konten apa yang disukai pengguna, jualanmu di Instagram pasti aman. 

Nah, algoritma juga bukan satu-satunya kunci sukses jualan di Instagram. Di bawah ini, kamu akan temukan cara jualan di Instagram yang juga bisa kamu coba praktikkan yang di rekomendasikan oleh spiritsevent.com

Tips Cara Jualan di Instagram

Oke. Yuk kita langsung bahas topik utamanya. Ini dia tips cara jualan di Instagram:

1. Jual produk yang banyak dicari orang

Sebenarnya kamu bebas jualan apa saja di Instagram. Tentu asalkan tidak melanggar syarat dan ketentuan dari platformnya. Tapi, sebaiknya pilihlah barang atau jasa yang memang ada peminatnya. 

Barang yang laris bikin siklus berjualan bisa berputar cepat. Kamu bisa langsung balik modal, restock, bahkan menawarkan produk baru lainnya. 

Selain itu, akun toko yang ramai juga bisa banget jadi moodbooster sehingga kamu jadi lebih semangat buat menjalankan bisnisnya.

2. Bikin akun Instagram bisnis

Jangan ngaku-ngaku serius jualan di Instagram kalau ternyata akunmu belum yang versi bisnis. 

Profil Instagram bisnis sangatlah penting untuk mengembangkan tokomu ke depannya. Apalagi cara bikinnya praktis. Di versi bisnis, kamu akan memperoleh banyak fitur tambahan. Mulai dari kemudahan untuk menyesuaikan info di halaman profil, sampai kemudahan mempromosikan barang dagangan.

3. Bikin konten yang menarik

Konten adalah nyawa Instagram. Konten juga yang nantinya jadi nyawa bisnismu ketika jualan.  Jadi, unggahlah konten berkualitas secara konsisten. Pokoknya, jangan asal buat. 

Kualitas konten akan membangun identitas brand-mu. Imej ini nantinya bisa ikut berperan menjaga loyalitas pelanggan. 

4. Berikan visual yang bagus

Ingat, ini adalah akun jualanmu. Jadi, unggahlah foto yang jelas dan video yang tidak goyang-goyang ngerekamnya.  Foto profil pun harus bikin mata pengguna terpana dan langsung mengenali brand-mu sekali lihat. 

Untuk foto feeds, biasanya foto orang yang sedang menggunakan produk terkait akan tampil lebih menarik.  Kalau butuh untuk menampilkan detail barang, kamu bisa mengunggah lebih dari satu foto sehingga pengguna tinggal swipe kanan-kiri untuk membandingkan.