Apa Tindakan Pemulihan Pasca Stroke di Rumah? Ini Hal yang Perlu Diperhatikan!

  • 2 min read
  • Sep 23, 2020
Stroke

Siapa yang tidak takut dengan penyakit stroke? Seringan apapun stroke yang diderita setiap orang pasti akan takut bila ada salah satu anggota keluarga yang terkena stroke. Takut jika nanti stroke yang diderita bisa menjadi semakin parah dan bisa berakibat fatal bila tidak mendapatkan pelayanan kesehatan yang tepat. Selain stroke masuk dalam salah satu daftar penyakit kronis yang tidak bisa dianggap remeh, Anda juga pasti paham bahwa biaya yang dikeluarkan untuk pasien penderita stroke sangat tidak sedikit. Karena diperlukan juga yang namanya tindakan pemulihan pasca stroke. Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan bila ada beberapa orang yang memilih keputusan untuk tindakan pemulihan pada pasien stroke yang dilakukan mandiri di rumah.

Memberikan pelayanan pada pasien stroke tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ada banyak sekali hal yang sangat penting dan perlu untuk diperhatikan. Hal ini dikarenakan akan berdampak pada kesehatan dan perkembangan kesehatan pasien stroke yang bersangkutan. Bila tindakan kesehatan yang diberikan tepat maka pasien juga akan mengalami perkembangan kesehatan yang cukup bagus dan mungkin untuk memiliki harapan sembuh juga cukup tinggi meski tidak sepenuhnya bisa normal kembali.

Yang namanya memberikan perawatan kesehatan pasca stroke memang tidak mudah. Sangat penting untuk memperhatikan berbagai macam hal seperti kondisi pasien yang bersangkutan. Seperti yang kita tahu bahwa pasien yang baru saja sembuh atau pulih dari stroke dan mungkin masih memerlukan pendampingan atau tindakan pemulihan memang akan mudah sekali mengalami kejadian seperti stress misalnya karena pada mulanya badan yang sehat dan bebas untuk bergerak tiba-tiba pergerakan menjadi terbatas, terlebih bila stroke yang diderita parah dan terjadi kelumpuhan. Dan bila kebetulan ada salah satu anggota keluarga yang terkena stroke dan diperlukan tindakan pemulihan, berikut ini adalah hal yang penting untuk diperhatikan:

  • Damping pasien dengan penuh kesabaran

Ini merupakan salah satu hal yang paling penting untuk Anda jadikan sebagai perhatian. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwasanya yang namanya pasien pasca stroke memang mudah sekali untuk stress dan mungkin akan berdampak pada stroke yang semakin parah. Maka dari itu, apabila sudah memutuskan untuk melakukan perawatan mandiri pada pasien pasca stroke lakukan dengan penuh kesabaran dan sebisa mungkin jangan sampai marah.

  • Ajak keluar rumah

Berkali-kali sudah dijelaskan bahwa pasien stroke memang mudah sekali stress, jadi alangkah lebih baik apabila saat pagi Anda selesai membersihkan atau mungkin sebelum pasien mandi, ajak jalan-jalan ke luar rumah sekitar komplek, dengan begitu nantinya bisa membuat suasana hati dan pikiran pasien menjadi lebih tenang, kondisi seperti inilah yang akan membuat pasien semangat untuk sembuh.

Di atas adalah beberapa hal penting yang bisa menjadi perhatian apabila Anda ingin melakukan perawatan secara mandiri pada pasien pasca stroke di rumah. Namun demikian, bila kebetulan Anda adalah orang yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu di rumah serta ada anggota keluarga yang membutuhkan perawatan pemulihan pasca stroke yang bisa dilakukan di rumah, tidak perlu khawatir karena Anda bisa memanfaatkan layanan kesehatan dari Aido. Di tempat ini Anda bisa mendapatkan berbagai macam layanan kesehatan yang bisa dilakukan di rumah, dengan kata lain perawat akan datang ke rumah Anda dan memberikan pelayanan kesehatan. Tidak perlu ragu dengan biaya karena di Aido ada banyak sekali diskon yang bisa dimanfaatkan untuk meringankan beban biaya.